Selasa, 10 Mei 2011

INSTALASI POSTFIX SERVER PART 1

POSTFIX SERVER

Pengertian Postfix

Server email Postfix adalah sebuah server email yang dikembangkan sebagai pengganti Send Mail dan bisa dijalankan dengan baik di system operasi Unix dan Max O/S X. Postfix ini dibuat oleh WietseVenema, seorang ahli pengamanan (security specialist) saat bekerja sebagai peneliti di IBM. Postfix merupakan versi yang dibagikan secara gratis dari perusahaan email komersial IBM. Pertama kali dibuat tahun 1998 dan menjadi popular karena mudah mendapatkan kode programnya dan dijalankan dalam system operasi terbuka. Postfix dipasarkan mulai tanggal 22 Januari 1999

Server email Postfix adalah sebuah server email yang paling muda di antara ketiga server email yang dibahas dalam makalah ini. Postfix dianggap sebagai MTA yang jauh lebih aman daripada SendMail dan lebih cepat daripada QMail.


Instalasi Postfix + Courier

postfix pun juga bisa dikombinasikan dengan aplikasi mail yang lain, seperti dovecot, dan courier. Pada saat ini kami mengkombinasikan courier dengan postfix.

Berikut adalah tahap-tahap instalasi postfix serta courier-imap dan courier-pop:

Install postfix dan courier-imap serta courier-pop dengan perintah seperti gambar di bawah :

Kemudian pengguna diminta untuk melakukan pemilihan tipe konfigurasi yang disesuaikan dengan kondisi dari jaringan.Pada tutorial ini, type of configuration yang dipilih adalah “Internet Site”.

Pengguna kemudian diminta melakukan pengesetan hostname yang akan digunakan sebagai alamat email yang akan disertakan sebagai informasi identitas, yang berada setelah karakter @ pada email. Seperti halnya pada contoh berikut: itmaranatha.com, merupakan nama hostname dari server email. Misal pengguna dengan username “Yohanes” akan diberikan identitas: Yohanes@itmaranatha.com.

Mail Direktori

Mail direktori ini berfungsi untuk direktori INBOX, pada setiap user yang terdaftar.Pesan yang masuk nantinya akan disimpan sementara dalam direktori tersebut. Agar direktori ini otomatis dibuat pada direktori home setiap user, maka kita harus membuatnya pada direktori /etc/skel/ berikut. Lakukan perintah di bawah ini:

Mail Account

Tambahkan user eMail, untuk pengujian pada Mail Server nantinya lakukan perintah:


SELAMAT MENCOBA
SEMOGA TUTORIAL INI BERMANFAAT
_TUHAN MEMBERKATI_


Tidak ada komentar:

Posting Komentar