Jumat, 13 Mei 2011

Remastering Debian Dengan Remastersys Part 1


Yang diperlukan dalam melakukan remastering pada OS Linux antara lain :
  • Yang pasti OS Linux (dapat berupa CD/DVD ataupun Image). Banyak Linux Distribution yang dapat kita gunakan. Contohnya : Ubuntu , Fendora, Debian, Mandriva, SuSE, SlackWare,Red Hat dan lainnya.
  • Namun di sini kami menggunakan Linux Debian 5.0
  • Virtual Box dan sejenisnya (VmWare dll)
  • Software untuk remastering Linux , contohnya : Remastersys (ini yang akan kita pakai), Reconstructor, Builder, Novo Builder dan masih banyak tools lainnya yang dapat kita temukan di Internet.
  • Terakhir kita pasti membutuhkan koneksi internet untuk menghubungkan kita ke repository local maupun repository yang harus diakses jaringan internet. Note: Bagi yang gak tau repository, repository itu adalah kumpulan dari berbagai macam aplikasi yang berasal di internet, dikumpulkan menjadi satu, dikemas pada sebuah media DVD (contohnya) atau sebuah File di mana didalamnya berisi kumpulan software aplikasi, games, multimedia, internet, office, themes.

Persiapan Awal :

  • Kita Install terlebih dahulu Linux Debian mode GUI di komputer/Laptop atau,
  • Kita bisa gunakan Virtual Box (atau tool sejenis lainnya) untuk menginstall Linux Debian.
  • Setelah Linux berhasil terinstall, lakukan konfigurasi pada pengaturan network/jaringan dan pastikan anda dapat terhubung ke jaringan lokal anda atau jaringan internet.

Bila semua persiapan awal sudah selesai, marilah kita mulai tahapan remastering Linux kita :

1. Pertama-tama kita masuk dulu ke Terminal Linux. Caranya Pilih Menu Application, masuk ke submenu Accecssories kemudian pilih Terminal.

2. Setelah masuk ke terminal kita ketik su dan masukkan password user kita

3. Setelah login berhasil, kemudian kita lanjutkan dengan menambahkan daftar repository kita. Caranya : ketik pico /etc/apt/sources.list kemudian tekan Enter.

4. Nah kemudian akan muncul tampilan seperti berikut. Di sinilah kita akan menambahkan daftar repository yang kita butuhkan. Setelah selesai menambahkan daftar repository yang dibutuhkan, tekan Ctrl + O untuk menyimpan data. Dan tekan Ctrl + X untuk exit.

5. Langkah berikutnya kita lakukan update terhadap daftar repository yang sudah kita tambahkan tadi. Untuk mengupdate ketik apt-get update kemudian tekan Enter. Pastikan tidak terjadi Error ketika anda melakukan update ke repository. Bila terjadi error, konfigurasi kembali pengaturan network anda. Bila anda berhasil update, tutup/keluar dari Terminal Linux



1 komentar: